Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Fenomena Midnight Sun (Matahari Di Tengah Malam)



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sedikit Penjelasan Tentang Midnight Sun
Matahari tengah malam atau midnight sun adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas (summer) di lintang utara dekat Lingkaran Arktik (kutub utara) dimana matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal apabila cuaca cerah.



Pada bulan Mei banyak sekali turis Asia, Eropa Tengah akan berkunjung ke ujung utara bumi itu untuk menyaksikan fenomena alam tsb. Salah satu kota tujuan untuk wisata ‘Midnight Sun’ itu adalah Tromso, Bodo, Hammerfest dan Nordkapp. Tromso adalah kota besar terakhir sebelum memasuki kawasan lingkaran kutub utara. Kota ini terletak 69°40? Lintang Utara, dan hanya berjarak 350 km dari situ. Pada setiap bulan Mei, matahari akan tenggelam dan langsung terbit di cakrwala kota Tromso. Nah turis-turis mancanegara biasanya berdatangan pada bulan bulan ini.

Negara yang bisa merasakan fenomena ini antara lain: Kanada, AS, Denmark (Greenland), Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia dan Islandia. Seperempat wilayah Finlandia berada di bagian utara lingkaran Arktik. Di daerah Svalbard, Norwegia, kita tidak akan bisa melihat sunset alias matahari terbit mulai tanggal 19 April sampai tanggal 23 Agustus. Bahkan ekstrimnya di beberapa daerah di kutub, matahari akan terus nampak selama 6 bulan. Bayangkan ketika agan bangun "pagi" ternyata langit masih gelap.

Kebalikan dari fenomena ini disebut polar night, terjadi saat musim dingin ketika matahari tetap berada di bawah horizon (ufuk) sepanjang hari.Durasi midnight sun akan meningkat dari hari ke hari selama titik balik matahari pada musim panas di lingkaran kutub kemudian akan mencapai 6 bulan pada kutub.Di daerah kutub itu sendiri, matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun. Sekali lagi, hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun. Selama 6 bulan ketika matahari berada di atas ufuk, matahari akan terus bergerak di sekitar ufuk, dan mencapai ketinggian tertinggi saat titik balik matahari pada saat musim panas.

 Beberapa Kegiatan Yang bisa anda lakukan bila mengunjungi tempat tersebut untuk menikmati midnight sun
Cruise dan safari matahari tengah malam.

Ada beberapa jalur cruise yang mengunjungi Norway. Cara terbaik untuk melihat-lihat pantai Norwegia adalah bergabung dengan cruise dengan Hurtigruten (The Norwegian Coastal Voyage). Anda dapat duduk di deck dan menikmati matahari tengah malam.

Anda juga dapat memilih cruise tengah malam di Finnmark atau bergabung dengan cruise tengah malam di Lofoten. Perjalanan ini akan membawa Anda ke laut terbuka untuk melihat cahaya matahari yang cantik.

Bird watching di North Cape
North Cape merupakan tempat khusus untuk menyaksikan matahari tengah malam. Satu-satunya hal yang memisahkan Anda dari Kutub Utara adalah laut dan Kepulauan Svalbard.

Ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti di wilayah North Cape, salah satunya adalah cruise ke pulau burung di Stappan.

Golf diatas Arctic Circle
Di Kepulauan Lofoten, Anda dapat bermain golf di Lofoten Golf Links sepanjang malam sambil menyaksikan kehidupan hewan liar.

Safari ikan paus
Kebanyakan penyedia safari ikan paus di siang hari juga akan membawa Anda di malam hari. Vesterålen di Nordland merupakan salah satu dari banyak tempat dimana Anda dapat pergi mengikuti safari ikan paus sambil menikmati matahari tengah malam.

Hiking
Cara terbaik menikmati alam kutub adalah mendaki di saat matahari bersinar di tengah malam. Cahaya matahari menjadikan gunung-gunung terlihat sangat cantik di malam hari. Banyak rute yang direkomendasikan untuk siang hari, terlihat lebih menarik di tengah malam hari. Berjalan dalam matahari tengah malam ke Keipen diluar Harstad dengan pemandu merupakan sebuah alternatif.

Memancing
Menggunakan kapal untuk memancing di tengah malam merupakan cara baik untuk menikmati cahaya matahari tengah malam. Dan juga merupakan waktu yang baik untuk menangkap ikan.

Terdapat banyak kemungkinan untuk menyewa kapal untuk memancing di sepanjang pantai, hubungi kantor pariwisata lokal atau tempat dimana Anda tinggal, atau bahkan tanyakan pada nelayan setempat. Atau Anda dapat mencoba fly fishing di matahari tengah malam di Vadsø di Finnmark.


source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13873046


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom