Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Terbang Dan Melayang Dalam Foto Tanpa Proses Edit



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/04/1334053709302368327.jpg 
Pernahkah anda melihat foto seperti ini? Tampak melayang dan terbang bukan?
Jika anda adalah orang awam seperti saya pasti anda mengira foto tersebut adalah foto yang telah melalui proses editing sotosop. Namun ketika saya membaca artikel dari google.com foto tersebut tidak sama sekali melalui proses editing. "Kok nggak di edit bisa melayang?" pasti sebagian dari anda yang tidak tahu seperti saya akan bertanya seperti itu.

Setelah saya bertanya pada rumput yang bergoyang sesepuh kita, mbah gugel, foto tersebut adalah suatu efek levitasi pada kamera. "Apaan itu levitasi?". Awalnya saya bertanya begitu setelah saya diperkenalkan teman saya pada levitasi ini. Dan akhirnya saya belajar levitasi dengan mbah gugel dan mas wiki. oke kita belajar bersama aja ya,, hehe.....

Menurut buku Tatang Sutarma mas wiki, Levitasi adalah ......
Levitation (dari bahasa Latin “ringan” levitas) adalah proses dimana objek dihentikan oleh kekuatan fisik melawan gravitasi, dalam posisi stabil tanpa kontak fisik yang solid. Sejumlah teknik yang berbeda telah dikembangkan untuk melayang materi, termasuk metode levitasi aerodinamis, magnet, akustik, elektromagnetik, elektrostatik, film gas, dan optik.
Foto levitasi ini awalnya diciptakan oleh Natsumi Hayashi di situs webnya http://yowayowacamera.com. Kira-kira itu orang dapat ide dari mana ya? haha....

Apakah anda tertarik membuat foto seperti ini?
Jika anda tertarik ininih saya kasih tipsnya yang saya dapat setelah mulung dari situs komunitas fotografi levitasi Indonesia.

Tips membuat foto levitasi tanpa editing:


Tips untuk model

  • Model yang sedang berlevitasi menuju ke suatu arah, biasanya menekuk kedua kakinya ke belakang (sekitar 45 derajat) sesaat setelah melompat (air time) dan badan cenderung condong ke depan. Model yang sedang berlevitasi di tempat, biasanya berpose dengan kaki lurus ke bawah.
  • Melompatlah di tempat, tidak perlu sambil berlari. Jika melompat setelah berlari, akan susah bagi fotografer untuk mendapatkan frame yang pas. Kemungkinan juga jadinya pose Jump Shoot orang lari sambil melompat, bukan pose levitasi.
  • Ancang-ancang sebelum meloncat dengan benar. Jika akan bergaya levitasi menuju ke satu arah, agak bungkukkan badan, tekuk lutut dan angkat satu kaki terlebih dahulu sebesar 45 derajat. Saat melompat, tinggal menekuk satu kaki sisanya. Untuk pose levitasi di tempat (berdiri) tekuk kedua kaki, badan tegap atau menyesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan dan saat meloncat (Air Time) bikin pose kaki selurus mungkin dengan telapak kaki selemas mungkin (agak menekuk ke bawah, jangan rata).
  • Foto levitasi bisa diaplikasikan ke berbagai tema dengan mempergunakan aksesoris yang mendukung. Umumnya sih berlevitasi memakai sapu, vacum cleaner, payung, buku. Ayo coba tema yang lain! Boleh berlevitasi sambil angkat TV atau bahkan kulkas kalau kuat.
  • Fotografi levitasi berbeda dengan Jump Shot yang hanya sekedar memperlihatkan model yang melompat atau berlari sambil melompat. Berbeda pula dengan foto orang yang sedang terpental karena dipukul atau ditendang. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami dengan ekspresi tanpa beban. Berekspresilah sewajarnya sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Lebih bagus jika model tidak melihat ke kamera (kesan candid).
  • Cari lokasi foto yang unik. Keren juga kalau bikin foto levitasi sambil belanja di pasar, waktu memasak di dapur, atau di pinggir jalan waktu mau naik bajaj. Mau levitasi di kuburan sambil ditemenin mbak kunti yang juga demen levitasi juga boleh.
  • Gunakan peniti, pin, sabuk, double tape atau alat penjepit baju lain supaya baju tampak menggembung atau tersingkap saat model melompat untuk mendapatkan kesan levitasi yang sempurna.
  • Kamu bisa menggunakan hair spray/gel agar saat melompat, rambut tidak terlihat berantakan. Bisa juga rambut diikat, memakai bando, atau topi. Foto levitasi yang sempurna harus memperlihatkan rambut yang tetap rapi.
  • Stay safe! Jangan memaksakan diri melompat jika sudah capek & cari lokasi yang aman buat melompat. Jangan diatas sumur yaa.
Cara agar Rok Tidak Menggelembung/Berkibar saat Lompat



Tips untuk fotografer

  • Foto levitasi tanpa editing dapat dilakukan dengan kamera professional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
     
  • Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan Burst Mode (Continuous Shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”
     
  • Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-professional atau kamera ponsel, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
     
  • Pastikan cahaya (matahari) cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
     
  • Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yang melayang dengan lebih fokus (Frozen Moment). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi. Shutter Speed di atas 1/500 lebih baik.
     
  • Untuk kamera saku (Pocket Cam) bisa memanfaatkan Sport Mode untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
     
  • Untuk kamera ponsel karena tidak ada setting untuk shutter speed, sebaiknya melakukan foto levitasi outdoor dan memanfaatkan cahaya matahari langsung agar mendapatkan high shutter speed.
     
  • Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.


Contoh Perbedaan Levitasi dengan Jump Shoot.

  • Pada Jump Shoot terlihat, ekspresi ceria hasil melompat, Aksesoris (kalung) yg berterbangan, Baju dan Rambut yg berantakan, dan pose yang sangat terlihat hasil melompat.
     
  • Pada Levitasi terlihat, dengan pemilihan pose yg baik, hal seperti Jump Shoot di atas Tidak Terjadi. yg membuat sang model terkesan seolah-olah melayang.
 

Selamat Mencoba.... Semoga sukses biar bisa pamer,, hehe...


1 comment

Tuesday, June 25, 2013 at 9:42:00 AM GMT+7

Foto terbang nya keren :)
Tapi tetep kerenan Foto Saya :D

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom