Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Adidas Tanggo 12 Finale, Bola Resmi Euro Cup 2012



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Logo Adidas bakal lebih sering terlihat di Euro 2012, karena lebih banyak tim peserta yang memilihnya menjadi sponsor. Penyebaran juga merata pada semua grup.

Lebih dari itu, logo Adidas akan selalu terlihat dalam setiap pertandingan karena bola resmi Euro 2012 adalah produk produsen apparel asal Jerman itu. Adidas pun merilis bola dengan nama beraroma latin, Adidas Tango 12 Finale.

Bola itu secara resmi dipakai saat laga pembuka Polandia melawan Yunani, 8 Juni. Sebelumnya, Tango Finale 12 diuji di delapan negara berbeda yang memiliki akar sepak bola kuat. Uji coba juga dilakukan di laboratorium. Kesimpulannya, bola itu memenuhi standar FIFA untuk digunakan di pertandingan resmi.

Adidas Tango 12 Finale dinilai menjadi bola terbaik. Diklaim lebih baik dari pada bola resmi Piala Dunia 2012 lalu, Adidas Jabulani. Tango 12 Finale disebut lebih mudah dikendalikan dan di-dribbling ketimbang Adidas Jabulani, yang oleh banyak pesepakbola dianggap liar dan sulit diantisipasi arahnya.

Dalam hal desain, Tango 12 Finale merupakan penyempurnaan dari seri Tango yang pernah dipakai di beberapa turnamen internasional tahun 1980-an. Yaitu Tango River Plate (1980), Tango Mundial (1994), dan Tango Europa (1988).

Yang membedakan bola itu dengan bola yang akan digunakan di fase grup hingga babak semifinal Piala Eropa 2012, terletak pada warnanya. Bila warna bola Tango 12 sebelumnya berwarna putih dengan variasi hitam, maka bola untuk laga puncak Euro 2012 nanti akan berwarna lebih terang, yakni perak.

Bola yang resmi diluncurkan 9 Mei 2012 di Madrid, Spanyol itu tentunya juga merepresentasikan dua negara tuan rumah, Polandia dan Ukraina. Bola yang merupakan bola resmi Euro ke-11 memiliki interpretasi modern dengan desain klasik termasuk garis berwarna merah, putih, kuning, dan biru yang merupakan warna bendera dua negara tuan rumah, Polandia dan Ukraina.

Makna Adidas Tango 12 juga melambangkan semangat yang menjadi nilai-nilai Euro, yakni persatuan, persaingan, dan semangat. Hal tersebut divisualisasikan lewat grafis dan dekorasi yang tampil di dalam bola.

Dari sisi desain, Adidas Tango 12 menyimbolkan nilai Adidas, yakni sejarah, kesuksesan, dan kebanggaan. Hal itu juga ciri khas Adidas, merujuk pada sejarah dan keberhasilan di dunia sepak bola.

Logo bunga yang ada pada bola melambangkan perkembangan sepak bola masa depan. Diharapkan, Euro 2012 akan menjadi ajang yang mampu membawa sepak bola ke tingkat kemajuan yang belum pernah dicapai sebelumnya.

sumber: jpnn.com


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom