Haji Bukanlah Panggilan Title

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlzjbFmgmqzwWAfHvxj3eqKgatKj9BenTEA5VZSEUqYqu7mdhsz0FqoAYNSG6Hit6rxohFD5JqyfGr-ZGtvc8fi8S8tqQP6WMxzpKoipOgnmBrVI_75QO01ZfF5xPaIq6tCe8iRqygXlN_/s1600/haji+-+mekkah+2012.jpg
Haji merupakan rukun Islam ke 5 yang harus dikerjakan seorang muslim apabila dia telah mampu. Dan sebentar lagi adalah bulan haji atau bulan Dzulhijjah, dimana seluruh muslim dari berbagai suku bangsa, ras, dan negara dipertemukan di kota Mekkah Al-Mukarromah dimana mereka menerima panggilan dari Allah SWT. Saat ini, sudah ada beberapa kloter Haji Indonesia yang mulai diberangkatkan. Dan secara bergiliran akan terus diberangkatkan hingga bulan Haji tiba. Semoga saudara kita yang saat ini sedang atau akan melaksanakan Haji, dapat menjadi Haji yang mabrur. Dan untuk kita yang belum bisa Haji, semoga kita diberi rezeki dan mendapat panggilan-Nya untuk melaksanakan rukun Islam ke 5 ini. Aamiin. . . .

Dari judul di atas mungkin anda akan bingung, apa maksudnya? Ya, itulah keheranan saya. Setelah pulang dari ibadah Haji, mayoritas jamaah haji pasti akan dipanggil dengan sebutan Pak Haji atau Bu Hajjah.

Mengapa hanya Haji?
Kalau begitu untuk orang yang telah mengucap syahadat dipanggil Pak Syahadat?
Atau untuk orang yang telah sempurna dalam sholat dipanggil Pak Sholat?
Bagaimana dengan Pak Puasa dan Pak Zakat?

Sedikit lucu memang, tapi itu untuk haji lah yang ada panggilan khusus. Mengapa rukun Islam tidak ada?
Untuk itu, bukan salah jika kita memanggil Pak Haji sebagai penghargaan namun janganlah berlebihan, karena Haji itu ibadah bukan panggilan title.

2 komentar:

  1. panggilan haji mungkin hanya di indonesia saja sob, kalo di timur tengah sana, walu sudah berkali-kali naik haji ga pernah tuh dipanggil haji

    BalasHapus
  2. @Muro'i El-Barezy memang sob, apa mungkin ini kebiasaan yang terkesan lebay ya

    BalasHapus

Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))