Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Jam Belajar di Sekolah Akan Ditambah?



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://rumahinspirasi.com/wp-content/uploads/2010/01/gif_object_alarm_clock002.gif
Ketika berselancar di dunia maya atau lebih tepatnya di social network, ada sebuh teman yang mempost sebuah situs web yang membuat saya terkejut dan kaget. Adalah seputar jam belajar di sekolah. Menurut berita tersebut, menteri pendidikan nasional akan menambah jam belajar di sekolah. Berita tersebut termuat dalam kompas. Berikut beritanya:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah jam belajar di sekolah untuk menangkal efek negatif dunia luar sekolah. Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, Selasa (18/9/2012), di Jakarta.

Nuh mengungkapkan, persentase jam belajar anak di sekolah tidak sebanding dengan kegiatan sepulang sekolah. Menurutnya, waktu luang yang lebih banyak di luar sekolah itulah yang akhirnya memicu peserta didik melakukan atau bersentuhan dengan tindakan negatif.

"Persentasenya tak seimbang. Informasi dari luar sekolah berpotensi mengenalkan anak pada hal negatif dan nilai edukasi yang digarap di sekolah pun tercemar kembali," katanya.

Oleh karena itu, tambahnya, untuk memaksimalkan terserapnya ilmu pendidikan dari sekolah kepada siswa, maka pemerintah mengusulkan jam belajar di sekolah untuk ditambah. Dia menjelaskan, jika saat ini jam masuk sekolah siswa Sekolah Dasar (SD) 26 jam dalam satu minggu, maka bisa jadi nantinya akan ditambah menjadi 30 jam.

Nuh menegaskan, lamanya jam belajar ini tidak akan dilakukan dalam bentuk belajar secara formal. Akan tetapi, sekolah didorong untuk menyusun pola pembelajaran aktif khususnya dalam upaya penanaman nilai moral dan karakter kebangsaan.

"Mengapa perubahan jam sekolah ini dibutuhkan? Karena kondisi sosial kita berubah. Kalau dulu kita pulang ke rumah itu orangtua masih ada dan permainan juga masih baik tapi sekarang begitu pulang sekolah anak cenderung liar karena orangtua terlalu sibuk dan kita ingin menahan mereka biar lebih lama di sekolah," kata Nuh.

Namun, lanjutnya, penambahan jam sekolah ini juga harus disokong dengan efektivitas belajar mengajar melalui kurikulum pendidikan yang baru. Saat ini, kurikulum baru tengah disusun dan diperkirakan akan rampung pada akhir 2012 untuk diimplementasikan pada tahun ajaran baru 2013-2014.

"Jadi semua dibenahi sehingga salah satu tugas yang disiapkan ialah pembenahan dan penataan kurikulum. 2013 akan rampung," ujarnya.
Sebagai siswa, saya kurang setuju dengan berita ini. Karena ini saja mayoritas teman saya termasuk saya sendiri sudah merasa kecapekan dengan kegiatan di sekolah.
Seminggu saja jam pelajaran sudah mencapai 46 jam pelajaran atau 2070 menit waktu normal. Belum lagi kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan lain di sekolah. Jika ditambah, kapan waktu untuk istirahat?


6 comments

Monday, September 24, 2012 at 7:40:00 PM GMT+7

Memang saya rasakan saat ini banyak sekali perubahan dalam perilaku masa sekolah dibandingkan 15- 20 tahun yang lalu,,,banyak konsekwensi yang harus kita hadapi, namun dengan menambah jam pelajaran perlu kajian yang lebih mendalam jangan sampai malah siswa yang menjadi korban,,,,

Monday, September 24, 2012 at 9:40:00 PM GMT+7

sebenarnya bukan masalah jam belajar yang harus ditambah, tapi kualitas belajar yang perlu ditingkatkan, jam belajar banyak, pelajaran banyak, membuat siswa stress dan setengah2 menguasai pelajaran

Tuesday, September 25, 2012 at 5:05:00 AM GMT+7

@Andri Carly terkadang pihak pendidikan yang mengatur kurikulum tidak memperhatikan siswanya, memang tujuan mereka baik, tapi alangkah lebih baik jika memperhatikan siswa

Tuesday, September 25, 2012 at 5:07:00 AM GMT+7

@Muro'i El-Barezy betul sekali nih, pelajaran yang banyak dan jam yang padat, tidak akan menambah pengetahuan siswa, malam menambah beban siswa, karena setelah menguasai satu pelajaran, ditambah lagi, maka yang tadi sudah dikuasai penuh akan hilang perlahan

Wednesday, September 26, 2012 at 11:29:00 AM GMT+7

bentuk upaya dari mendiknas untuk menghilangkan citra negatis sebagai pelajar seperti yang sering terjadi belakangan ya sob, tidak tahu ini upaya yang tepat atau malah runyam ya?

Wednesday, September 26, 2012 at 2:58:00 PM GMT+7

@Thanjawa arif sepertinya malah akan membuat siswa semakin stres

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom