Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Car Free Day, Badan Sehat, Lingkungan Bersih, BBM Hemat



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Minyak bumi adalah suatu bahan tambang yang terbuat dari fosil yang telah membusuk berjuta tahun lalu yang berasal dari perut bumi. Minyak merupakan bahan tambang yang tidak dapat diperbarui. Namun penggunaan minyak bumi di Dunia tidak dapat dipungkiri lagi jumlahnya. Di Indonesia saja, konsumsi minyak bumi Indonesia mencapai 1,3 juta barel per hari. Padalah produksi minyak 900.000 barel. Selisih yang jauh antara produksi dan konsumsi minyak bumi Indonesia. Konsumsi minyak bumi salah satunya adalah BBM atau Bahan Bakar Minyak untuk kendaraan bermotor, seperti premium, solar, atau pertamax.

Banyak cara yang ditempuh untuk mengurangi konsumsi BBM, salah satunya adalah agenda Car Free Day. Ya, car free day atau hari bebas kendaraan bermotor. Beberapa kota di Indonesia telah menyelenggarakan agenda Car Free Day ini, termasuk di kotaku, Pati, Jawa Tengah. Sebenarnya bukan kota tapi kabupaten Pati.
Car Free Day di depan kantor DPRD Kab. Pati (Kiri)

Agenda Car Free Day ini merupakan agenda wajib 2 minggu sekali di Kabupaten Pati ini. Agenda ini diselenggarakan setiap Minggu 1 dan Minggu 3 (Minggu 5 jika ada). Car Free Day dimulai dari Alun-Alun Simpang 5 Pati menyusuri Jalan Panglima Sudirman dan berakhir di Tugu Tani Pati. Panjang lintasan Car Free Day ini kurang lebih 1 Km. Dan Car Free Day dimulai pada pukul 06.00 dan berakhir pukul 09.00 WIB. Ya terkesan singkat untuk agenda Car Free day ini.

Car Free Day, tampak menara Masjid Agung Baitunnur, Pati

Dua hari yang lalu atau tepatnya tanggal 2 Desember 2012, acara car free day diselenggarakan kembali karena minggu ini adalah minggu pertama di bulan Desember. Seperti biasa aku pun ikut serta dalam acara Car Free Day itu. Sejak pagi, kawasan car free day telah ramai dipadati masyarakat yang ingin berolahraga atau hanya jalan-jalan sembari menikmati udara segar tanpa tercemar gas karbonmonoksida (CO2) akibat pembakaran BBM dari kendaraan bermotor yang setiap hari padat merayap melalui jalan ini. Karena jalan ini pula yang menghubungkan pusat kota dengan jalan pantura Pati-Kudus.

Suasana Car Free Day di depan Kantor Bupati Pati
 Sejak pagi, kawasan telah penuh. Ada orang-orang yang jogging, senam, bersepeda, atau pun hanya sekadar jalan-jalan di kawasan car free day. Bahkan sebuah lembaga pelatihan taekwondo ikut serta ambil bagian untuk berlatih di kawasan car free day ini. Tidak jarang pula ada beberapa anak kecil yang bermain futsal di tengah jalan. Acara ini diikuti semua usia tidak memandang tua ataupun muda.

Anak-anak sedang bermain futsal
Berlatih taekwondo dalam Car Free Day
 Dalam acara car free day ini, ada salah satu komunitas yang unik, yaitu paguyuban Sepeda Unta Pragola Pati. Setiap car free day mereka selalu ikut serta mempromosikan gaya hidup bersepeda dengan sepeda tua, Sepeda Unta dan pakaian khas tempo doeloe. Paguyuban ini diikuti oleh semua kalangan mulai dari anak muda hingga pensiunan. Dan tidak sedikit pula anggota dari mereka adalah warga luar kota. Mereka tidak henti mempromosikan “MARI BERSEPEDA”.

Paguyuban Sepeda Unta Pragola Pati

Upaya Paguyuban Sepeda Unta perlu ditiru. Mereka mempromosikan kepada masyarakat untuk bersepeda setiap hari. Selain menyehatkan bersepeda juga dapat mengurangi penggunaan energi BBM dan mengurangi gas emisi CO2 hasil pembakaran kendaraan bermotor yang selain mengganggu pernafasan juga dapat menyebabkan kanker.

Ayo…. Hematlah BBM, Selamatkan Lingkungan dengan berjalan atau bersepeda…..

Badan Sehat, Lingkungan Bersih, BBM Hemat



8 comments

Tuesday, December 4, 2012 at 5:55:00 PM GMT+7

dikota saya juga ada kegiatan carfree day..
jadi tempat ajang kumpul para muda mudi.. ;D

Tuesday, December 4, 2012 at 6:19:00 PM GMT+7

@a.i.r memang bisa juga untuk kumpul-kumpul keluarga, teman atau sahabat setelah 6 hari sibuk bekerja sob.

Makasih kujungan dan komentar dari sobat

Wednesday, December 5, 2012 at 8:32:00 PM GMT+7

wah sering sering aja kaya gini yah, udara jadi sehat kayanya...

Thursday, December 6, 2012 at 5:14:00 AM GMT+7

@Muro'i El-Barezy tentunya sob, udara di pagi hari terasa benar-benar segar saat CFD, nggak kayak hari biasa, jam 6 aja udah dipenuhi asap kendaraan

Thursday, December 6, 2012 at 1:26:00 PM GMT+7

Naaah yang begini nih car free day... sangat sangat membantu utk penghematan BBM, kalo bisa dilakukan tiap hari, nggak hanya hari minggu aja :)

Silahkan di baca juga ya blog saya :) http://naninanuneno.wordpress.com/2012/11/28/hemat-energi-sayangi-bumi/

trims

Thursday, December 6, 2012 at 4:19:00 PM GMT+7

@naninanuneno saya juga setuju kalo CFD diadain setiap hari sob, selain sehat juga dapat menghemat BBM

Monday, December 10, 2012 at 8:22:00 AM GMT+7

andaikan pemberlakuan car free day untuk setiap hari, pasti paru-paru negeri akan sehat ya sob, tapi apa mungkin ini?

Monday, December 10, 2012 at 8:46:00 AM GMT+7

@Thanjawa Arif semuanya mungkin sob, asal ada niat yang sungguh-sungguh dari semua pihak

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom