Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Pemuda Pencipta Teknologi Cerdas



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Mendengar kata “teknologi” mungkin tak asing lagi bagi kita. Hal tersebut dikarenakan karena manusia tidak akan terlepas dari teknologi. Di era globalisasi ini, dunia telah dipenuhi oleh berbagai macam jenis teknologi sehingga dunia ini terasa sangat sempit. Ya, itulah salah satu dampak positif dari teknologi.

“Teknologi” sendiri adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi tersebut diciptakan oleh manusia melalui akal pemikirannya untuk memudahkan pekerjaan manusia untuk kedepannnya. Jenis dari teknologi bervariasi, antara teknologi yang berguna untuk masyarakat daerah dalam dalam skala kecil hingga masyarakat internasional dengan skala besar.

Dampak teknologi pun beragam. Mulai dari dampak positif yang memudahkan pekerjaan manusia hingga dampak negatif yang dapat merusak moral manusia. Namun teknologi sering disalahgunakan untuk hal-hal yang terkesan kurang etis sehingga dampak negatif lebih banyak diterima daripada dampak positif. Namun untuk beberapa orang tidak jarang pula dampak positif lebih banyak diterima daripada dampak negative dari penggunaan teknologi tersebut.

Beberapa teknologi telah banyak dikembangkan di zaman yang sangat maju ini. Beberapa teknologi tersebut antara lain smartphone, Ipad, TV, internet, laptop, dan lain sebagainya yang tidak mungkin saya sebutkan secara keseluruhan. Yang lebih membanggakan, teknologi tersebut ditemukan oleh pemuda-pemuda berbakat di bidangnya masing-masing.
Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Semua pasti mengenal karena beliau lah yang menemukan, membuat, dan mengembangkan situs jejaring sosial yang sangat familiar di masyarakat, ya Facebook. Beliau menciptakan facebook di tahun 2004 atau tepatnya tanggal 4 Februari 2004 saat beliau berusia 20 tahun. Usia yang sangat muda untuk membuat Teknologi Cerdas berbasis jejaring sosial yang kini sangat bermanfaat untuk menjalin tali persaudaraan, mendekatkan famili atau sahabat yang jauh, berbisnis dengan menjalankan marketing di jejaring sosial, atau entah apalah.

Blake Aaron Ross
Lain facebook lain pula Mozilla. Ya, Mozilla firefox adalah suatu Teknologi Cerdas berbasis software yang memberikan fasilitas penjelajah internet. Adalah Blake Aaron Ross yang telah menemukan Mozilla ini. Ketika firefox dirilis, Ross baru berusia 19 tahun. Di usia sangat muda itu, Ross telah menciptakan Mozilla firefox yang kini lebih banyak diminati untuk menjelajah internet daripada software penyedia fasilitas penjelajah internet lainnya.

Dua orang tersebut adalah contoh kecil dari penemu sekaligus pengembang Teknologi Cerdas yang telah mengubah kehidupan dunia menjadi lebih modern dan lebih maju. Sebenarnya ada banyak pemuda serupa yang telah melakukan penemuan-penemuan teknologi. Sebagian dari pemuda tersebut adalah pemuda berbakat dari Indonesia. Indonesia? Tidak salah? Tidak, Indonesia memang memiliki segudang anak dan pemuda yang berbakat untuk membuat dan mengembangkan teknologi.

Mobil Esemka Rajawali

Adalah siswa dan siswi SMK di Solo yang telah membuktikannya. Mereka telah mampu membuktikan bahwa mereka bisa. Mereka telah membuat Teknologi Cerdas berbasis alat transportasi beroda empat atau mobil. Mobil yang diberi nama mobil Esemka Rajawali itu telah dibuat siswa dan siswi SMK di Solo yang telah bekerjasama antar siswa otomotif. Mobil tersebut telah mendapat pujian dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, dan beliau mengatakan bahwa mobil esemka akan mengalahkan mobil impor dari Jepang. Namun sungguh disayangkan, mobil tersebut tidak lolos uji emisi dan kini hilang entah kemana.

Wicaksono Sedang Meneliti


Lain lagi dengan Wicaksono, siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik, Jawa Timur. Anak bernama lengkap Muhammad Wicaksono itulah yang berhasil menemukan alat pengukur tinggi badan digital bersama teman-temannya. Awal dari pembuatan teknologi tersebut adalah karena dia kesulitan mengukur tinggi badan menggunakan alat manual. Lalu dia berandai-andai akan menciptakan alat pengukur tinggi badan secara digital. Pengandaian tersebut menjadi kenyataan setelah dia dan teman-temannya berhasil menemukan salah satu Teknologi Cerdas tersebut dengan mengembangkan ilmu teori fisika yang dia dapat dari sekolahnya.

Siswa SMK di Solo dan Wicaksono adalah contoh kecil tunas-tunas bangsa yang kelak akan mengharumkan nama Ibu Pertiwi di kanca nasional maupun Internasional. Banyak penemu muda lain dari Indonesia yang telah memperoleh penghargaan di tingkat Internasional. Mereka berjuang keras menemukan teknologi untuk kehidupan yang akan dating. Kita pun bisa melakukannya. Asal kemauan dan kerja keras selalu menyelimuti diri kita. Mari teruskan perjuangan mereka dan junjung nama Ibu Pertiwi.


10 comments

Friday, December 7, 2012 at 8:41:00 PM GMT+7

saya salut dengan pemuda2 yang sobat sebutkan diatas, untuk semangat dan kecerdasannya patut ditiru...

semoga sukses sob kontesnya:}

Friday, December 7, 2012 at 8:48:00 PM GMT+7

@Muro'i El-Barezy makasih sob, memang sudah seharusnya sumua generasi bangsa mempunyai semangat dan kecerdasan seperti itu sob

Saturday, December 8, 2012 at 4:15:00 PM GMT+7

nyimak aja sob moga aja menang kontesnya

Saturday, December 8, 2012 at 4:54:00 PM GMT+7

@rohmadaini makasih atas komentar dan dukungannya sob

Monday, December 10, 2012 at 8:17:00 AM GMT+7

kemampuan anak negeri ternyata tidak kalah ya sob

Monday, December 10, 2012 at 8:45:00 AM GMT+7

@Thanjawa Arif memang sob, Indonesia kelak akan menjadi negara maju apabila semua generasi seperti ini

Wednesday, December 12, 2012 at 9:10:00 PM GMT+7

Bismillah, semoga bisa ikut andil buat Indonesia...

Minta follbackya kak..
http://asal-kamu-tau.blogspot.com/

Terimakasih..

Wednesday, December 12, 2012 at 9:57:00 PM GMT+7

@Nindy terima kasih atas komentar dan doanya kawan

follback siap meluncur

Saturday, December 15, 2012 at 6:43:00 AM GMT+7

Ini bukti bahwa umur bukanlah merupakan alasan untuk tidak berkarya . . .

wah, nanti saya bikin apa ya???

Saturday, December 15, 2012 at 8:42:00 AM GMT+7

@teropongku.com bener banget sob, semua bisa dilakukan asal ada niat yang sungguh-sungguh dan kerja keras

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom