Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 1434 Hijriah Digelar Sore Nanti



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sidang Isbat Ramadhan

Untuk menentukan awal Ramadan 1434 Hijriah, Kementerian Agama (Kemenag) dan sejumlah ormas akan menggelar sidang isbat pada Senin (8/7/2013) sore. Kemenag pun berharap agar semua tamu undangan bisa hadir, termasuk Muhammadiyah. 

Menurut Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB sore nanti. Nasaruddin mengatakan bahwa undangan sudah disebar kepada sejumlah ulama dan pengurus ormas. “Saya kurang tahu itu jumlahnya,” katanya.

Meski sebelumnya Muhammadiyah sudah mengatakan tidak akan hadir saat sidang isbat, Nasaruddin mengaku tetap mengirim undangan untuk Muhammadiyah. Dia berharap agar ormas pimpinan Din Syamsuddin itu bisa hadir.

“Saya pastikan undangan sudah disampaikan, tetapi akan datang atau tidak saya tidak tahu,” kata Nasaruddin. 

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menentukan bahwa awal Ramadan jatuh pada 9 Juli 2013 besok. Meskipun demikian, Nasaruddin tetap berharap agar perwakilan Muhammadiyah bisa hadir dalam sidang isbat nanti. 

“Walau nanti awal puasa berbeda ya yang penting kan kita bisa silaturahmi,” ujar Nasaruddin, seperti dikutip dari detik.com, Senin (8/7/2013).

Hingga saat ini, pemerintah melalui Kemenag belum juga menentukan awal Ramadan 2013. Kemenag masih menunggu hasil sidang isbat yang baru akan digelar pada sore nanti. Meskipun demikian, banyak yang memperkirakan bahwa awal puasa versi Kemenag akan jatuh pada 10 Juli 2013.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah menentukan 9 Juli 2013 sebagai awal puasa dan 8 Agustus 2013 sebagai Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah. Hal ini sudah disampaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Kamis 13 Juni 2013 lalu. Tarekat Naqsabandiyah juga sudah mulai puasa pada hari Minggu (7/7/2013) kemarin. Ormas yang beredar luas di Padang, Sumatera Barat itu menentukan awal puasa dengan metode perhitungan kalender hisab munjid.

sumber: http://ciricara.com/2013/07/08/kemenag-gelar-sidang-isbat-ramadan-sore-ini/

Boleh setuju boleh tidak, jika tidak seharusnya kita berdebat 'kapan puasa pertama tahun ini' secara berlebihan, sampai caci-maki, memutus persaudaraan, hingga pertumpahan darah. Tak ada gunanya berdebat puasa mulai hari Selasa atau Rabu, 8 atau 9, Kamis atau Jumat, 10 atau 11, ah tak penting berdebat seperti itu. Yang jelas puasa itu dimulai tanggal 1 Ramadhan. Untuk tanggal masehi, biarkan kata hati kita memilih mana yang benar.


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom