Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Kamera Kejujuran



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Gadget, adalah suatu kata yang sudah tak asing lagi di masa yang serba maju ini. Modernisasi dunia melalui globalisasi menjadikan suatu peranti modern yang berguna untuk memudahkan pekerjaan ini semakin tersebar, menjangkau seluruh dunia, termasuk pelosok Nusantara.

Sebetulnya macam dan jenis gadget yang telah berkembang di dunia ini sangatlah banyak. Namun, dari beberapa macam gadget tersebut dapat dikelompokkan bahwa beberapa jenis gadget diantaranya.
  • Handphone atau yang kini telah berkembang menjadi Smartphone
  • PC (Personal Computer) dan Laptop
  • Kamera
  • MP3 Player
TI USD
Gambar 1: Gadget
Sumber Gambar: Imageshack.us
Masih banyak lagi dari jenis tersebut di atas. Terlebih, hampir setiap tahunnya, tak kurang dari lima gadget baru diluncurkan. Belum lagi jika produk tersebut laku dan diproduksi hingga jutaan produk per merk. Terbayang bukan berapa banyak gadget saat ini? Maka, tak heran jika satu orang, mungkin sahabat anda atau orang terdekat anda, mengantongi lima gadget sekaligus.

Tak heran jika hal tersebut terjadi. Karena memang sudah bukan rahasia lagi jika orang ingin memanfaatkan gadget tersebut untuk mempermudah pekerjaan. Misalnya saja gadget jenis smartphone yang mampu menghubungkan seluruh dunia dengan mudah dan praktis dengan sekali genggam saja. Menakjubkan bukan?

Tapi, dibalik manfaat yang luar biasa dari gadget, terbesit beberapa dampak negatif dari gadget itu sendiri. Satu dari dampak negatif tersebut adalah mudahnya melakukan kejahatan dan tindak kriminal.

Ya, memang benar, gadget dapat mempermudah tindak kejahatan dan tindak kriminal. Misalnya dari hal kecil, yaitu menyontek. Dengan adanya gadget, menyontek dirasa lebih mudah dilakukan oleh siswa, mahasiswa atau pun umum. Dengan adanya gadget, para pelaku menyontek tersebut dengan mudah berinteraksi dengan temannya, dengan hanya SMS atau layanan ghopper atau chatting: “Bro, lu nomor 5, 9, 15, 20 jawab apa?”. Hal itu sangat mudah dan rentan terjadi. Selain, SMS, pelaku sontek-menyontek juga bisa memanfaatkan layanan browsing internet. Tinggal ketik keyword yang diinginkan, semua jawaban dapat ditemukan.

Jika hal tersebut terjadi, lalu bagaimana tingkat kejujuran Bangsa Indonesia ini? Masihkah bangsa ini dapat diharapkan? Ketahuilah bahwa ada sebuah iklan layanan masyarakat yang berpesan bahwa ‘menyontek adalah cikal bakal dari koruptor’.

Untuk mengurangi tindak kejahatan dan tindak kriminalitas tersebut, penulis mempunyai ide dan bercita-cita ingin menciptakan gadget yang anti kejahatan dan anti kriminalitas. Semoga dapat direalisasikan oleh penulis atau pembuat gadget lain, sehingga tidak menjadi ide yang percuma dan tindak kejahatan ataupun kriminalitas dapat terkurangi atau bahkan lenyap. Satu dari beberapa ide penulis mengenai gadget impian penulis, diantaranya adalah:

Mikro Kamera Kejujuran

Untuk mengurangi tindak kejahatan dalam tes atau ujian, penulis memiliki ide untuk menciptakan dan membuat Mikro Kamera Kejujuran.
  • Apa itu Mikro Kamera Kejujuran?
Mikro Kamera Kejujuran adalah suatu gadget berbasis kamera yang berukuran kecil guna untuk melihat apapun yang dilihat oleh pengguna melalui LCD.

TI USD
Gambar 2: Gadget Mikro Kamera Kujuran
Sumber gambar: dokumen penulis

Gadget modifikasi tersebut berbentuk seperti rasio kerang yang digunakan untuk menghitung bilangan fibonaci. Bagian atas atau ujung berbentuk seperti frame kacamata, hanya saja lebih pendek. Panjang alat ini hanya 9 cm dimana pada ujungnya akan dipasang kamera berukuran mikro.

TI USD
Gambar 3: Mikro Kamera
Sumber gambar: Google.com
Bagian bawah gadget modifikasi ini dilengkapi dengan baterai ukuran 27A 12V yang sangat ringan, sehingga tidak memberatkan pengguna.

TI USD
Gambar 4: Baterai 27A 12V
Sumber gambar: dokumen penulis
Pada bagian pangkal dilengkapi semacam mikro PCB yang berfungsi sebagai ‘otak’ gadget ini dan dilengkapi saklar geser mini guna untuk mengaktifkan Mikro Kamera Kejujuran ini. Gadget ini juga dilengkapi antena kecil yang akan memancarkan sinyal video yang dilihat, sehingga gadget ini dapat digunakan tanpa kabel (wireless) dan juga tak merepotkan pengguna karena tak memakai kabel.
  •  Bagaimana Cara Kerja dan Penggunaan Mikro Kamera Kejujuran?

TI USD
Gambar 5: Gadget Kamera Kejujuran
Sumber Gambar: dokumen penulis

Gadget berbasis kamera ini cukup memakainya di telinga. Boleh telinga kanan ataupun kiri. Kemudian, geser saklar ke ON. Komponen dalam PCB akan bekerja mengaktifkan mikro kamera, sehingga kamera dapat merekam apa yang didepannya. Kemudian, kamera akan mengirim hasil rekaman menuju komponen dalam PCB yang kemudian diubah menjadi sinyal diteruskan menuju antena untuk dipancarkan. Sinyal yang dipancarkan tersebut akan diterima langsung oleh hub. Kemudian hub yang telah tersambung dengan monitor akan menangkap dan mengubah mengubah sinyal tersebut menjadi file video yang dapat dilihat langsung melalui monitor. Apapun yang dilihat oleh pengguna, akan terlihat di monitor sama persis.

TI USD
Gambar 6: Hub dan Monitor
Sumber gambar: dokumen penulis
Jadi, contekan sekecil kuaci pun apabila mata pengguna mampu melihat, kamera pun akan melihat pula, dan akan terlihat langsung di monitor. Sehingga, apabila direalisasikan dan lebih dikembangkan, penulis berharap gadget tersebut mampu mengurangi kecurangan saat ujian atau ulangan, menghapus budaya sontek-menyontek dari siswa maupun mahasiswa, dan sekaligus mengurangi benih koruptor. Amin….

Itulah ide dari penulis yang ingin sekali penulis wujudkan atau realisasikan. Saya sebagai penulis, menyadari bahwa ide tersebut akan terlihat konyol atau menghiperbolakan sesuatu dan akan menjadi bahan tertawaan semata, tapi saya pribadi sangat berharap para programmer, para pencipta gadget, dan para kakak TI USD atau kakak-kakak IT lain dapat merealisasikan atau bahkan mengembangkan ide tersebut, demi tercapainya gadget impian Indonesia bahkan dunia.


Terima Kasih:
Google.com
Wikipedia.com
Imageshack.us


2 comments

Sunday, December 8, 2013 at 8:54:00 AM GMT+7

nice gadget bro, tujuanya sangat mulia. Keep Blogging!

Sunday, December 8, 2013 at 9:01:00 AM GMT+7

@roqi30: Thanks bro, terima kasih sudah berkunjung dan ninggalin jejak

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom