Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

#1Hari1Ayat: Q.S. Al-'Alaq ayat 1



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Iqra biismi rabbika alladzii khalaqa

Artinya:
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan (Q.S. Al-'Alaq ayat 1)


***

Di hari pertama di tahun 2014 ini, penulis memilih Q. S. Al-'Alaq ayat 1 sebagai #1Hari1Ayat pertama. Alasannya tak lain tak bukan, karena ayat ini adalah ayat yang pertama kali diturunkan.

Q.S. Al-'Alaq ayat 1 adalah Firman Allah SWT pertama yang diturunkan kepada Baginda Nabiallah Muhammad SAW. di gua Hira', disampaikan melalui Malaikat Jibril (dengan menampakkan wujud asli). Awalnya Rasulullah SAW merasa takut dan gugup mendapatkan wahyu yang berisikan perintah untuk membaca, dan beliau  menjawab مَا أَنَا بِقَارِئٍ  (Aku tidak bisa membaca), karena Nabi Muhammad SAW pada saat itu tidak bisa membaca. Malaikat Jibril pun memeluk beliau dan mengulangnya hingga tiga kali, dilanjutkan ayat 2 hingga 5.


Lalu mengapa wahyu pertama adalah perintah untuk membaca?
Mengapa tidak يكتب (menulis) atau  يرسم (melukis)?

Menurut sebagian ulama (yang penulis sendiri sependapat), Iqra dalam ayat ini adalah membaca dalam artian luas dan tak selamanya hanya membaca tulisan. Namun juga membaca alam dan keadaan sekitar (termasuk mendalaminya) karena membaca alam dan keadaan sekitar ini lah yang akan membuat manusia peka terhadap lingkungannya. Selain itu membaca juga sangat bermanfaat untuk manusia, diantaranya adalah menambah daya ingat, meringankan stres, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lagi manfaat membaca.


Pati, 1 Januari 2014

http://1.bp.blogspot.com/-zEmAlNYDWj4/Ur2JqnYAO8I/AAAAAAAAA40/4NWFm7OBoLY/s1600/1H1A.jpg


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom