Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Cara Membuat Blog



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kalau anda mulai bosan dengan Facebook dan Twitter, dan mencari alternatif lain untuk bisa menjalin komunikasi di dunia maya, jalan terbaik dan pantas dilirik adalah membuat blog pribadi. Kenapa? Di Blog anda bisa mengekspresikan diri anda, berbagi pengalaman, cerita sampai berbagai ilmu. Kalau anda nantinya masih bingung apa sih yang akan ditulis di blog? Jangan khawatir dalam kehidupan sehari-hari anda tentu punya cerita atau pengalaman, nah kenapa tidak anda tuangkan pengalaman atau cerita tersebut di blog dan jadikan blog anda sebagai buku diary online. Cukup mudah bukan?



Lalu apakah isi blog mesti panjang dan lebar? Gak juga. Anda bisa bercerita menarik dalam beberapa kalimat, singkat dan simple. Gunakan bahasa sehari-hari anda, namun tentunya tetap mengedepankan sisi sopan dan santun.

Untuk memulai membuat blog, anda bisa memilih antara dua layanan yang cukup terkenal saat ini yakni Blogger milik Google atau Wordpress. Keduanya sama-sama gratis, namun tentu saja  satu sama lain punya kelebihan dan kekurangan. Tak usah khawatir, untuk memulai membuat sebuah blog, Anda tidak perlu dipusingkan memilih antara Wordpress atau Blogger, pilihlah sesuai feeling dan tentunya mana yang menurut anda keren dan bisa mengakomodir kebutuhan anda untuk ngeblog. Ibarat Anda disuruh memilih Friendster atau Facebook? Anda pasti punya pilihan sendiri kan?

Sebelum membuat sebuah Blog yang perlu dipersiapkan adalah sebuah email. Dan kalau anda sering Facebook-an, anda bisa menggunakan email facebook tersebut untuk daftar di Blogger atau Wordpress. Email nantinya diperlukan untuk proses verifikasi dan kedepannya pemberitahuan bila ada comment yang ditulis oleh pembaca di blog anda.

Jika anda memilih Wordpress tinggal kunjungi Wordpress.Com, Klik DAFTAR SEKARANG kemudian isilah data yang diminta. Mulai dari Nama (Username), Password, Konfirmasi Password, Alamat Email (Surat Elektronik), jangan lupa beri tanda Ceklis pada Legal flotsam. Lalu pilihlah hanya username atau Gimme a Blog sesuai kebutuhan anda. Kemudian klik Berikutnya. Cek email anda untuk proses verifikasi dan silahkan ikuti langkah-langkah yang diminta oleh Wordpress.

Namun kalau anda lebih tertarik dengan Blogger, kunjungilah Blogger.Com, Klik BUAT BLOG atau jika anda menggunakan emal GMAIL, anda bisa langsung LOGIN dengan email anda tersebut. Sama seperti di Wordpress, anda diwajibkan mengisi formulir pendaftaran mulai dari nama, email, password, persetujuan dan kemudian LANJUTKAN.

Setelah anda terdaftar langkah berikutnya tentunya saja proses membangun tampilan blog anda, pilihlan thema yang sesuai untuk blog anda dan jangan lupa untuk melakukan Posting Artikel Perdana di Blog anda, atau buatlah halaman About yang berisi penjelasan dan cerita tentang apa, bagaimana dan siapa anda. 


2 comments

Saturday, October 1, 2011 at 5:38:00 PM GMT+7

:a2

Saturday, October 1, 2011 at 8:12:00 PM GMT+7

@NS CH34T : makasih gan atas kunjungannya

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom