Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

6 Agama, 6 Kitab Suci, 1 Perintah



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Saya bingung dengan kondisi masyarakat yang sekarang. Masyarakat sekarang lebih suka menghina masyarakat lain (SARA). Bukankah agama mereka telah mengajarkan untuk tidak menghina saudaranya sendiri??? Atau bahkan mereka sendiri yang tidak tahu tentang ajaran agama mereka alias (maaf) AGAMA KTP??? Padahal semua agama telah mengajarkan hal itu.
Buktinya: 

ISLAM
Allah tidak menyukai ucapan buruk [371]
[371] Ucapan buruk sebagai mencela orang, memaki, menerangkan keburukan-keburukan orang lain, menyinggung perasaan seseorang, dan sebagainya. (QS. An Nisaa 4:148)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri [1410] dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman [1411] dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
[1410] "Jangan mencela dirimu sendiri" maksudnya ialah mencela antara sesama mu'min karana orang-orang mu'min seperti satu tubuh.
[1411] Panggilan yang buruk ialah gelar yang tidak disukai oleh orang yang digelari, seperti panggilan kepada orang yang sudah beriman, dengan panggilan seperti: hai fasik, hai kafir dan sebagainya (Al-Hujuraat: 11)

KRISTEN
Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah. (Roma 14:10) PB.

KATOLIK
Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. (Amsal 14:21) PL.

HINDU
tri hita karana Pawongan (masyarakat), pelemahan
(alam sekitar), dan parahyangan (Ketuhanan dan Keagamaan). Tat twam asi (Aku adalah kau, kau adalah aku).

BUDHA
Sang Buddha berkata kepada siswanya supaya tidak melakukan perbuatan yang kurang baik (Sabba papassa akakarana). Diantaranya adalah perbuatan menghina, mencela seenaknya dan berkata kasar kepada orang lain (Pharusavaca), karena semua itu adalah perbuatan kemerosotan batin yang dapat menimbulkan kamma buruk, yang tidak layak dilakukan oleh seorang umat Buddha.

KHONGHUCU
Diempat penjuru lautan semua manusia bersaudara.

Jadi, pada intinya semua agama megajarkan cinta damai dan tak ada lagi penghinaan SARA...



Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom