Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Lingsir Wengi, Lagu Campursari Misteri Pemanggil Kuntilanak



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum Sobat semua...
Ini adalah posting saya yang ke 100 dan kali ini saya akan membahas lagu "Lingsir Wengi". Lagu ini pernah menjadi OST. Film Kuntilanak Konon lagu ini adalah lagu misteri pemanggil kuntilanak. Menurut cerita, jika orang yang mendengarkan lagu ini dengan pikiran kosong, maka ia akan dapat menyaksikan wujud makhluk halus. percaya atau tidak? Berikut ini adalah beberapa misteri dan cerita dari sahabat-sahabat mengenai lagu LINGSIR WENGI itu.


Namun sebelum membahas beberapa misteri lagu tersebut, saya tunjukkan lirik lagu LINGSIR WENGI.

Lingsir wengi
Sepi durong bisa nendro
Kagodo mring wewayang kan ngreridu ati

Kawitane mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno

Nanging duh tibane
Aku dhewe kang nemahi
Nandang bronto kadung loro
Sambat sambat sapa

Rino wengi sing tak puji ojo lali
Janjine muga bisa tak ugemi

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet...
Jika diperhatikan pada bait terakhir lagu tersebut berkesan misteri. Berikut adalah arti bait terakhir
Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna...
Jangan terbangun dari tidurmu...
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)...
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut...
Bagi yang ingin mendengarkan lagunya, saya sediakan video lagunya.
Bisa dibuffer atau buka diSINI

Berikut adalah salah satu kisah kejadian yang dialami oleh seorang warga KasKus:
bbrp tahun yg lalu saya pernah mengalami kejadian begini :
Suatu malam tiba2 saya terjaga dari tidur, lalu saya melihat pintu kamar saya terbuka pelan2… keadaan saat itu samar2 karena lampu di kamar saya matikan sebelum tidur.
Tiba2 terdengar alunan lagu-lagu jawa seperti lingsir wengi, padahal saya sendiri tidak bisa berbahasa jawa, setelah itu seorang nenek memakai baju khas jawa masuk ke kamar sambil bergumam berbahasa jawa.
Spontan saya ketakutan, tetapi badan saya tidak bisa digerakkan seperti tertindih, saya terus memperhatikan nenek2 itu…, tiba2 nenek itu terdiam dan memperhatikan saya… lalu dia tertawa kecil.
Setelah itu, nenek tersebut mendekati saya yg waktu itu masih dalam posisi terlentang tidur, nenek itu terus bergumam bahasa jawa seakan2 sedang ngobrol. Saat nenek itu berdiri di dekat kaki saya, dia jongkok kecil dan menyentuh paha saya dengan jari dia.
Saya pikir ini cuman mimpi buruk, tetapi ketika dia menyentuh paha saya… sangat terasa nyata…, saya pun memaksakan diri untuk berontak dan berhasil bangun sambil mengepal tangan saya dan memukul nenek itu, tetapi malah angin yg saya pukul. nenek itu tiba2 lenyap.
keringat saya mengucur… dan napas saya tersengal2…
Nah setelah mendengar lagu lingsir wengi, saya menjadi teringat kembali kejadian itu.
Percaya atau tidak anda harus tetap hati-hati. Allah Yang Maha Mengetahui. Wallahualam....


31 comments

Monday, December 26, 2011 at 9:49:00 AM GMT+7

Wew mosok iyo sesadid itu lagu lingsir wengi gan? :12

Monday, December 26, 2011 at 10:00:00 AM GMT+7

@anwar sofi'i: ane juga masih ragu gan, tapi banyak fakta yang bilang itu benar gan. Salah satunya dari yang saya tunjukkan di atas. Konon itu dulu menjadi permainan tradisional anak-anak.

Friday, October 5, 2012 at 2:32:00 PM GMT+7

Wah, kok artikelnya rasanya kontradiktif ya..
Dimulai dengam basmalah, lalu salam.. Kok ternyata isinya lagu pemanggil kuntilanak?

Atau harusnya sy komentarin:

Isinya ttg lagu pemanggil kuntilanak (konon cerita-konon cerita dan takhyul), tp kok dimulai dgn basmalah dan salam?

Friday, October 5, 2012 at 6:00:00 PM GMT+7

@Dudy Gunawan terima kasih atas koreksinya gan, itu cuma kata pembuka aja kok, tapi terima kasih banyak

Monday, November 12, 2012 at 10:25:00 PM GMT+7

gan, itu cerita tindihan. bisa dijelasin secara rasional. setahu saya, nenek2 itu adalah "jin Al-A'mir" biasa aja, jin jenis itu emang suka reflek niruin perbuatan manusia, seperi mandi, wudhu, ataupun ketika ada orang nyanyi (lagu). jadi bukan karena lagu lingsir wenginya... kalo jin lg iseng, agan nyetel "Noah" jg mungkin dia menjelma jadi ariel, hahahaha

Sunday, November 18, 2012 at 9:35:00 PM GMT+7

hahaha lucu juga tuh,

Sunday, November 25, 2012 at 10:56:00 AM GMT+7

ya sob sebagai muslim percaya dengan yang ghaib wajib hukumnya tapi lebih baik percaya dengan yang maha ghaib and selalu minta pertolongan petunjuk serta perlindungan kepada-NYA kalau DIA yang melindungi siapa yang berani ganggu takda yang lebih hebat alam semesta ini kecuali yang bikin itu sendiri

Sunday, November 25, 2012 at 11:04:00 AM GMT+7

@rohmadaini bener sob, Allahualam

Monday, December 24, 2012 at 7:41:00 PM GMT+7

lagu lingsir wengi ada dua versi,,yg satu memang dinyanyikan mbak Nurhana,,yg satunya lagi oleh alm.Manthous

Monday, December 24, 2012 at 7:57:00 PM GMT+7

@danang.blogspot.com terima kasih atas tambahannya gan

Thursday, January 10, 2013 at 2:25:00 AM GMT+7

Jgn percaya guys..krn tu adl wejangan dr sunan kalijaga sama kyk.lir ilir.beliau adl pemeluk islam jg g mungkin mengajarkan kemusyrikan.kidung lingsir wengi tu justru mengajak masy.utk memeluk islam n meninggalkan kebiasaan lama na yaitu animisme n dinamisme yg dsyairkan lingsir wengi sliramu tumeking sirno,,ojo tangi nggonmu guling,,spt halya salah satu crita seorang nabi yg tlah mengulingkan berhala n melenyapkan.awas ojo ngetoro aku lagi bang wingo2,,jgn mempengaruhiku lg krn aq skrng hanya berdoa n berlindung kpd Allah.jin setan kang tak utusi dadyo sebarang wojo lelayu sebet,,jin setan yg tdk patut dsembah..silakan jd apa aja asal jgn membawaq dlm ksesatan

Sunday, January 13, 2013 at 3:20:00 PM GMT+7

@Meta Ferdinand bener gan jangan percaya akan hal seperti itu nyanyian itu emang bener mengajak kita akan kebaikan

Wednesday, January 23, 2013 at 10:19:00 AM GMT+7

aku baru tau kalo ada cerita seperti ini ...

Monday, February 4, 2013 at 7:22:00 PM GMT+7

Kalo seinget saya, lagu Lingsir Wengi yang campursari itu ngga ada bait "lingsir wengi sliramu tumeking sirna blablabla". Bait terakhir itu udah lain lagu.
Emang ada sih mitos yg bilang lagu Lingsir Wengi (bait terakhir) bisa buat manggil makhluk halus, tapi kayaknya lagu campursari yang ini bukan buat manggil makhluk halus deh. Soalnya isi lagunya galau :D hehe
correct me if im wrong :D

Sunday, February 10, 2013 at 3:27:00 AM GMT+7

bagus ni buat cari inspirasi bikin lagu

Tuesday, February 12, 2013 at 7:00:00 AM GMT+7

oh, sya kurang tau tentang nenek ini. .sya blum sempat knalan

Thursday, March 7, 2013 at 6:37:00 PM GMT+7

Saya pikir gak perlu nyanyian kalo kita niatkan mo panggil jin cukup dibatin aja bisa koq gan...

Monday, April 29, 2013 at 4:08:00 AM GMT+7

Mitos cok

Monday, April 29, 2013 at 4:09:00 AM GMT+7

Ini lgunya bagus untuk slamat ultah gan hahaaaaaaaa,,manusia bego aja yg percaya beginian hehehe

Monday, May 6, 2013 at 10:14:00 AM GMT+7

afwan .....
memang masyarakt indonesia selalu kntal dengan Mitos, saya juga mempercayai mitos kadang itu nyata..
tapi Faktanya menurut ilmu medis,keadaan seperti itu dikenal dengan sebutan sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Namu tak usah perlu khawatir, sleep paralysis biasanya tidak berbahaya. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit. ..:) .....
nah.... gmn ?????
bukan karna lagu lingsir wengikan ...
sesungguhnya lagu itu sangat manis lo artinya ..

Sunday, May 19, 2013 at 2:20:00 AM GMT+7

Bs aja,lingsir wengi
kn lagu galau,,
masak galau 5 kuntilanak hahahaha,
kalo itu lagu manggil setan,udah dr dulu ntu lgu gk beredar min

Wednesday, June 5, 2013 at 3:59:00 PM GMT+7

Percaya gk percaya siy,tp kalo denger Lagu Lingsir wengi ( bait trakhir) emang rada horor.apa Lagi kaLo ps sendirian gitu.takud...
Setau aq juga itu bukan Lanjutan Lingsir wengi ( bait atas)

Tuesday, August 20, 2013 at 9:39:00 PM GMT+7

ha ha ha kawan,, percaya sama omongan orang lain yang belum jels itu dosa gak ya,, musrik gak yaa...

maakaanya sbelum tidur baca alfatihah dan do'a sebelum tidur..
insya Alloh kita akan terjaga oleh,,, ayat2 tersebut dari tidur malam hingga bangun pagi.. aminnn

Tuesday, August 20, 2013 at 9:47:00 PM GMT+7

inilah salah satu warisan budaya bangsa indonesia yang perlu di LESTARIKAN hehehehehhe,,,...
ini lo juga sejarah,, anak muda jaman sekarang harus tau?
biar banyak wawasan jangan hanya menatap layar aja... oke sob

Monday, August 26, 2013 at 3:03:00 PM GMT+7

Yang Lingsir Wengi Durmo Macapatnya

Tuesday, September 24, 2013 at 1:10:00 PM GMT+7

salah persepsi aja itu gan..lingsir wengi lagu dicptakan sunan kalijaga dgn tembang macapat..kesannya mmng agak sunyi tp kesunyian utk mendekatkan diri pd yg kuasa.spt kt tau sunan kalijaga banyak menciptakan lagu+gending jawa seperti lagu yg dinyanyikan opik, tombo ati ada lagi ilir ilir yg jd lagu dolanan anak2 di jawa tempo dulu..ilir2 jg bercerita ttg kepantasan kita ketika akan melakukan ibadah..jd klo kemudian lingsir wengi dianggap lg pemanggil kuntilanak itu hanya cerita di film saja...ibaratnya jika agan tanya soal mafia sama org italia pst dia jawab,itu hanya di.film sja..klo mau tau mafia bukannya indonesia gudangnya mafia? :)

Saturday, November 23, 2013 at 11:18:00 AM GMT+7

YA ELAH SETAN DOAK DITAKUTI KALO ADA LAWAN GUE .... GUE TANTANGAIN SEKARANG PALING LAWAN CINCIN KALIMAYA GUE SAMA MERAH DELIMA PALING MENTAL SEMUA SETANNYA GUE TGGU MALAM INI YG MERASA SETANNYA SAKTI MANTRA GUNA LAWAN GUE DULU

Sunday, January 12, 2014 at 4:08:00 PM GMT+7

lingsir wengi itu lagu galau

Monday, April 28, 2014 at 2:31:00 PM GMT+7

memeng lagu lingsir wengsir wengi begitu,,,,
tetapi mahluk astral itu tdk bsa menyakiti kita,,,
karena di lagu lingsir wengi telah tertulis pesan di akhir lirik tersebut,,,,

Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut...

saya sering memanggil,,,

Monday, April 28, 2014 at 2:33:00 PM GMT+7

iya itu memang lagu galau,,,
tapi coba anda putar lagu tsb,,,
tdk lama anda akan mencium bau wewangian bunga,,,

Saturday, June 14, 2014 at 1:45:00 PM GMT+7

Emang ngeri banget y lagunya!
Cba aja aku yg kna gmana y?
Hi ngEri buanget

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...







Sahabat Setia


Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom