Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

[Review Pertandingan Euro 2012] Belanda Vs. Portugal



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://images.detik.com/content/2012/06/18/514/portugalbelandaafpfilippomontefortei.jpg
Portugal memastikan diri lolos ke perempatfinal setelah mengalahkan Belanda 2-1 di laga terakhir Grup B. Cristiano Ronaldo tampil cemerlang dengan memborong dua gol Seleccao das Quinas.

Bertanding di Metalist Stadium, Senin (18/6/2012) dinihari WIB, Belanda berhasil memimpin lebih dahulu melalui Rafael van der Vaart sebelum di balas oleh Portugal melalui Ronaldo.

Pasca turun minum, Portugal berhasil menciptakan gol tambahan melalui Ronaldo sekaligus mengantongi tiket lolos ke babak knock out.

Dengan hasil ini, Portugal tampil menjadi runner-up grup dengan nilai enam, mendampingi Jerman yang di pertandingan lainnya sukses menang atas Denmark dengan skor yang sama.

Sedangkan kekalahan ini praktis membuat Belanda tersingkir dari turnamen dengan perolehan nihil poin hasil tiga kali berlaga. Belanda juga menduduki peringkat terakhir grup di bawah Denmark dengan nilai tiga.
Di babak delapan besar, Portugal akan bertemu dengan juara Grup A, Republik Ceko pada 21 Juni.

Peluang pertama Belanda datang di menit keempat. Gregory van der Wiel mengirim umpan silang dan memantul kepada Wesley Sneijder. Bola diteruskan dengan tembakan kaki kiri tapi cuma bersarang di samping gawang.

Gol! Belanda memimpin 1-0 di menit 11. Dari tusukan Arjen Robben di sisi kanan, bola dioper kepada Van der Vaart. Dari luar kotak penalti, ia melepas tendangan melengkung yang menaklukkan kiper Rui Patricio.

Serangan balasan berbahaya dari Portugal lima menit berselang. Cristiano Ronaldo melewati penjagaan Ron Vallar sebelum melakukan tendangan mendatar dari luar kotak.

Ancaman Portugal datang semenit kemudian. Berawal dari kesalahan Van der Wiel, bola didapatkan Helger Prostiga. Dalam posisi terbuka ia melepas tembakan namun melebar tipis.

Ronaldo! Memperoleh umpan silang dari kanan, Ronaldo menyambut bola dengan sundulan. Kiper Maarten Stekelenburg menepisnya kuat-kuat.

Serangan bertubi-tubi Portugal akhirnya membuahkan hasil di menit 28. Sang bintang sekaligus kapten, Ronaldo membobol gawang Belanda setelah menerima umpan terobosan cantik dari Joao Perreira. Skor kini 1-1.

Ancaman Portugal kembali datang. Kali ini melalui Luis Nani, tapi tembakan kaki kirinya melebar tipis di sisi kiri gawang Belanda. Ronaldo menyusul tidak lama kemudian untuk memaksa Stekelenburg meninju tendangannya.

Hingga sisa waktu menuju akhir babak kedua, tidak ada gol lain yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pasca restart, Belanda dan Portugal saling membalas serangan. Di menit 60, Helder Postiga menyarangkan bola ke gawang Stelekenburg namun gol dibatalkan lantaran si pemain berada dalam posisi offside.

Di menit 66, pergerakan bagus Ronaldo mengirim operan kepada Fabio Coentrao. Dari batas kotak penalti, Coentrao menendang bola tapi Stekeleburg masih bisa menepisnya.

Penyelamatan brilian Stekelenburg. Ronaldo menyisir di sisi kiri untuk mengirim umpan silang mendatar apik. Nani menyontek bola tapi bisa dihalau Stekelenburg dengan kakinya.

Portugal membalikkan keadaan di menit 74. Ronaldo mencetak gol keduanya untuk membawa timnya kini memimpin 2-1.

Dari serangan balik, Ronaldo melakukan kerjasama dengan Moutinho dan Nani. Di tengah kotak penalti, ia mengontrol bola dahulu sebelum melakukan tendangan kaki kanan untuk melewati Patricio.

Van der Vaart! Tembakannya di menit 83 membentur tiang gawang. Belanda gagal menambah golnya.

Upaya menambah gol terus dilakukan Belanda. Lima menit kemudian, Van Persie melepaskan tembakan mendatar tapi hanya menghasilkan tendangan gawang.

Ronaldo! Semenit jelang waktu normal berakhir si mantan pemain terbaik dunia nyaris mencetak hattrick. Tembakannya dari sisi kanan kotak, membentur tiang gawang Belanda.

PORTUGAL: Rui Patricio, Joao Pereira, Bruno Alves, Pepe, Coentrao, Veloso, Meireles (de Castro 72'), Moutinho, Nani (Rolando 87'), Ronaldo, Postiga (Oliveira 64')

BELANDA: Stekelenburg, Van der Wiel, Vlaar, Mathijsen, Willems (Afellay 66'), De Jong, Van der Vaart, Robben, Van Persie, Sneijder, Huntelaar


sumber: detik.com


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom