All of Batik

batik
Batik adalah warisan dunia asli Indoensia yang telah diakui oleh badan internasional di bawah PBB, Unesco. Batik harus dijaga dan dilestarikan oleh bangsa Indonesia. Walupun demikian, Batik kurang diminati oleh bangsanya sendiri. Entah mengapa hal itu bisa terjadi. Bisa jadi bangsa Indonesia merasa "malu" dengan pakaian identitasnya sendiri. Padahal seharusnya sebagai warga negara Indonesia harus bangga jika berbatik, maksudnya memakai segala sesuatu yang berhubungan dengan batik.

Di Indoensia sendiri, terdapat dua jenis batik, yaitu batik tulis dan batik cap. Batik tulis dibuat menggunakan canting dan malam yang ditulis di atas selembar kain putih. Sementara batik cap dibuat dengan alat cap dan pengecapan motif di kain yang akan dibuat untuk batik.

Kecintaan pada batik dapat dimulai dengan berbagai cara, misalnya adalah sebagai berikut.
  • Dimulai dari sekolah dan instansi.
    Batik SMA N 1 Pati
    Seragam batik di sekolah penulis
    Hampir semua sekolah dan istansi pemerintahan telah mewajibkan seluruh warga anggotanya memakai pakaian atau seragam batik. Misalnya tempat sekolah penulis mewajibkan setiap hari Jum'at seluruh siswa dan warga sekolah lain untuk memakai seragam batik yang telah disediakan dan ditentukan sekolah.
  • Mengenakan batik dalam berbagai acara.
    Batik
    Batik saat foto album tahunan dan perpisahan sekolah
    Mayoritas orang menganggap pakaian batik adalah pakaian untuk kondangan. Tapi itu salah. Pakaian batik dapat dikenakan pula di berbagai acara misalnya rapat atau bahkan perpisahan sekolah.
  • Menggunakan batik untuk aksesoris rumah tangga
    Aksesoris betik mungkin hal yang unik dan menarik. Misalnya menggunakan sarung bantal bermotif batik, taplak meja batik, dan lain sebagainya.
Tiga cara tersebut adalah sebagian cara untuk mendekatkan diri pada pakaian berbatik.
Batik tidak hanya dapat diproduksi oleh produsen ternama tapi juga setiap orang juga bisa. Memproduksi batik cukup unik. Tak mahal untuk membuat batik, hanya dengan mengandalkan kreativitas dan ketekunan latihan serta kesabaran, sesorang telah dapat membuat batik dengan kualitas internasional. Tentunya dengan harga jual yang cukup waw pula.

Latihan membuat batik bisa dimulai sejak bangku sekolah SMP sekalipun, hanya bermodalkan kain putih, canting (yang dapat dipesan dari produsen batik), malam, sebuah tungku dan wajan kecil, batik kualitas terbaik pun dapat tercipta dengan kreativitas sesorang. Berikut penulis sampaikan teori singkat proses pembuatan batik tulis. (Sesuai dengan pengalaman penulis)
  1. Siapkan kain sesuai dengan ukuran yang ingin dibuat sebagai kain batik, lalu gambar motif batik menggunakan pensil terlebih dahulu,
  2. Siapkan sebuah canting, beberapa malam, sebuah tungku atau kompor dan wajan kecil,
  3. Panaskan wajan menggunakan tungku atau kompor yang telah disulut menggunakan korek api dan tunggu hingga panas,
  4. Masukkan malam kedalam wajan mini, tunggu hingga meleleh,
  5. Ambil sedikit demi sedikit malam yang telah mencair menggunakan canting,
  6. Lukis kain yang telah bermotif dengan canting, hati-hati proses ini memang membutuhkan kesabaran ekstra,
  7. Kini motif telah terbentuk, dan kini menuju proses pewarnaan dasar, pewarnaan dasar ini dapat dilakukan dengan mencelupkan kain tersebut ke dalam ember yang berisi air yang telah tercampur dengan pewarna tekstil, atau dapat dilakukan dengan mengeblok permukaan batik.
  8. Jemur hingga mengering,
  9. Hilangkan bekas malam dari permukaan kain,
  10. Dan kini batik ciptaan anda pun telah menjadi batik.
Tidak begitu sulit, bukan? Hanya butuh kreativitas, ketekunan latihan, dan kesabaran, anda sudah dapat membuat selembar kain batik. Namun jika tidak mau repot, anda dapat membeli batik di toko batik terdekat atau butik batik. Tentunya dengan harga yang tak murah tapi masih bisa dijangkau.

Bahkan di zaman yang serba online dan serba modern ini, membeli batik tak perlu keluar rumah. Cukup dengan menghadapi PC atau laptop dan berselancar di dunia maya, anda dapat membeli batik. Salah satu toko batik online adalah berbatik.com.

Di berbatik.com, anda dapat mencari aneka macam batik, mulai dari kain batik, baju batik, kemeja batik, jaket batik, tas batik, hingga aksesoris unik bermotif batik. Jadi anda tak perlu repot memproduksi sendiri atau membeli batik keluar rumah. Cukup dengan traksaksi online, batik sudah bisa didapat dengan mudah.

Jadi masih ada alasan untuk tak suka batik? Cintailah Batik Untuk Indonesia.

15 komentar:

  1. batik sudah menjadi trend mode saat ini ya sob, kaum mudapun tidak malu lagi pake batik..
    yuk kita cinta budaya kita, pake batik...

    semoga sukses kontesnya sob

    BalasHapus
  2. @Muro'i El-Barezy ayo sob kita pakai batik, jangan malu lagi pakai batik

    BalasHapus
  3. keren sob anak muda pake batik :)

    izin follow ya
    follow back jika berkenan

    BalasHapus
  4. @Imtikhan.Com makasih sob, kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi

    BalasHapus
  5. Tulisannya bagus semoga menang kontesnya ya kang...

    BalasHapus
  6. SALAM SUKSES
    MANTAB gan/sista BATIKNYA
    Salam Kenal dari kami BATIK AQILA Pekalongan
    PRODUSEN SERAGAM BATIK dan BAJU BATIK SEKOLAH
    silahkan bagi agan/sista yang berminat

    www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com

    BalasHapus

Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))