Usulan Saya: Uang Rp5000 Dapat Meringankan Dan Melunasi Utang Negara

Indonesia adalah negara terkaya di dunia yang mempunyai banyak utang. Kalo kita membahas utang negara pasti g akan ada habisnya dan kapan kira-kira utang tersebut bisa lunas? Mungkin pertanyaan itu g akan bisa terjawab. Namun kali ini saya ingin sekali memberi usul pada pemerintah dan warga negara lainnya tentang melunasi utang tersebut. Ya mungkin ini g masuk dan pasti anda akan menertawakannya. Namun di Indonesia terdapat kebebasan mengemukakan pendapat. Untuk itu saya ingin mengemukakan sedikit pendapat saya di blog saya ini.


Saya baru saja googling mengenai utang negara tahun 2012dan saya berhasil menemukan sebuah situs yang membahas itu. Situs tersebut adalah Lensa Indonesia [dot] Com yang menyatakan bahwa:
...... Menurut Seknas Fitra Uchok Sky Khadafi, hutang luar negeri Indonesia pada tahun 2010 atau era Presiden SBY sebesar Rp 1.677 triliun. Pada tahun anggaran 2011 utang luar negeri Indonesia sebesar Rp 1.803 triliun dan pada tahun 2012 utang luar negeri Indonesia mencapai Rp 1.937 triliun. ......
Hebat bukan? Rp 1.937 triliun atau Rp 1.937.000.000.000.000,, dan apabila utang tersebut dibiarkan pasti akan bertambah karena bunga dari hutang tersebut. Saya hanya memberi saran setiap warga negara "menyumbangkan" Rp 5000 perminggu (Seribu rupiah untuk hal itu) dengan rincian sebagai berikut:

Utang luar negeri = Rp 1.937.000.000.000.000
"Sumbangan" per orang = Rp 1000 perminggu
Jumlah penduduk =  257.516.167 jiwa

Jadi,
income perminggu = 257.516.167 x 5000 =1.287.580.835.000
income pertahun = 1.287.580.835.000 x 52 = 66.954.203.420.000

Mungkin jumlah tersebut masih bterkesan "sedikit" untuk melunasi namun dengan dana tersebut mungkin dapat meringankan utang negara. Jika ada niat sungguh-sungguh, pasti orang-orang yang peduli akan menambah "sumbangan" mereka. DAN SAYA HARAP PARA PEJABAT DAPAT MEMBERIKAN 10 BAHKAN 100 KALI LIPAT "SUMBANGAN" WARGA BIASA. Jika ada niat yang kuat pasti ada jalan.

Demikian usulan saya. Silahkan anda revisi usulan saya di kolom komentar jika anda kurang sependapat dan silahkan share tulisan ini jika anda sependapat dengan saya. Terima Kasih.

2 komentar:

  1. Iyah tapi sangat sulit.. Apalgi untuk mengelola uang yg terkumpul.. Ikut nimbrung

    BalasHapus
  2. @Zirzis Rifaldianto apalagi ditambah dengan jiwa virus korupsi orang Indonesia,,

    makasih atas kunjungan dan komentarnya gan

    BalasHapus

Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))