Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

Portugal Vs. Rep. Ceko [Review Quarter Final 1 Euro 2012]



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2012/06/22/0344157p.jpg
Petr Cech tak mampu menahan tandukan Cristiano Ronaldo
Piala Eropa Polandia-Ukraina memasuki babak baru, perempat final. Duel pertama delapan besar adalah juara Grup A Ceko kontra runner-up Grup B Portugal, Jumat (22/6), di National Stadium, Warsawa.

Tanpa Tomas Rosicky, pengatur serangan andalannya yang belum pulih 100 persen dari cedera tendon Achilles kala melawan Yunani, pelatih Ceko Michal Bilek menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan Milan Baros sebagai ujung tombak utama.

Di kubu Portugal, Paulo Bento menurunkan starting eleven yang sama dengan ketika menekuk Belanda 2-1 pada matchday terakhir penyisihan Grup B, termasuk trisula Nani, Helder Postiga dan Cristiano Ronaldo.

Total, ada 11 pemain dari kedua tim yang sudah mengantongi kartu kuning dan terancam absen di semifinal karena akumulasi.

Di kubu Ceko, ada David Limbersky, Jaroslav Plasil, Tomas Pekhart, Tomas Rosicky, Petr Jiracek dan Daniel Kolar.

Di kubu Portugal, ada Fabio Coentrao, Helder Postiga, Cristiano Ronaldo, Joao Pereira serta Raul Meireles.

Ceko, yang menyandang status juara grup, justru tidak diunggulkan di laga ini. Sebaliknya, justru Portugal yang lebih dijagokan untuk maju ke semifinal. Penyebabnya, tentu saja keberadaan Ronaldo dan absennya Rosicky.

Kapten Portugal itu tengah on fire. Di laga terakhir, melawan Belanda, dia tampil hebat dan mencetak gol penyama kedudukan serta penentu kemenangan 2-1 timnya setelah sempat melempem di dua laga awal.

Portugal mengawali laga dengan penuh percaya diri begitu wasit Howard Webb asal Inggris meniup peluit tanda kickoff.

Tumpukan kartu sepertinya membuat kedua kubu berhati-hati. Hal itu, ditambah dengan minimnya kreativitas, membuat babak pertama kurang 'hidup'.

Absennya Rosicky plus hanya mengandalkan Baros di depan, Ceko pun memanfaatkan lebar lapangan dan crossing ke dalam area untuk menciptakan kesempatan.

Portugal juga sama, mengandalkan kecepatan kedua penyerang sayapnya, Nani dan Ronaldo. Tapi, kemampuan kedua pemain itu untuk menusuk ke kotak penalti membuat serangan Portugal lebih bervariasi.

Portugal mendapatkan peluang terbaik pertamanya pada menit 45. Ronaldo menerima umpan panjang Meireles dengan sempurna di area penalti Ceko. Dia mengontrol dengan dada, satu sentuhan melewati Kadlec, menembak ke gawang, dan bola melewati tangkapan Cech, tapi masih membentur tiang.

Tanpa gol di babak pertama, tempo pun meningkat di babak kedua. Portugal, yang sebelumnya cukup mendominasi permainan, semakin gencar melancarkan serangan ke lini pertahanan Ceko.

Petr Cech menjadi pemain paling sibuk di kubu Ceko. Berulang kali, kiper Chelsea itu sampai jatuh bangun untuk mengamankan gawangnya dari serbuan Ronaldo dan kawan-kawan.

Setengah jam babak kedua berjalan, Cech setidaknya sudah melakukan dua buah penyelamatan gemilang untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan, yaitu ketika menepis tendangan jarak jauh Nani dan Moutinho. Gawang Cech juga sempat terhindar dari bahaya ketika tendangan bebas Ronaldo hanya menghantam tiang.

Pada menit 65, Portugal sebenarnya berhasil mengoyak gawang Cech lewat sundulan jarak dekat Almeida. Akan tetapi, pemain yang menggantikan Postiga (cedera hamstring) sebelum jeda itu sudah berada dalam posisi offside.

Semakin mendekati akhir laga, Ceko semakin tertekan oleh Portugal. Lini belakang mereka yang cukup disiplin di babak pertama seolah berganti wajah. Sayatan-sayatan kedua sayap serta bek sayap dan tusukan-tusukan langsung ke jantung pertahanan yang dilancarkan oleh Portugal ternyata sanggup membuat membuat pemain belakang Ceko berantakan. Sepertinya, gol untuk Portugal tinggal menunggu waktu saja.

Dan, ternyata benar. Pada menit 79, gawang Cech bergetar. Moutinho berakselerasi sambil membawa bola ke sisi kanan kotak penalti Ceko, lalu melepaskan crossing ke depan gawang. Ronaldo, yang berkali-kali merepotkan barisan pertahanan Ceko dan sudah dua kali peluangnya digagalkan tiang gawang, melesat dari belakang Selassie dan menyambutnya dengan sebuah sundulan tajam. Cech takluk, pertahanan Ceko runtuh, dan Portugal unggul 1-0.

Setelah gol itu, Portugal menurunkan tempo, mengutamakan penguasaan bola, dan berhasil mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain Ceko (4-2-3-1): Cech; Gebre Selassie, Kadlec, Sivok, Limbersky; Plasil, Pilar; Hubschman (Pekhart 86'), Jiracek, Darida (Rezek 61'); Baros.
Cadangan: Lastuvka, Drobny, Suchy, Hubnik, Rajtoral, Rezek, Rosicky, Petrzela, Kolar, Necid, Pekhart, Lafata.

Susunan pemain Portugal (4-1-2-3): Rui Patricio; Alves, Pepe, Coentrao, Pereira; Veloso; Moutinho, Meireles (Rolando 88'); Nani (Custodio 84'), Ronaldo, Postiga.
Cadangan: Eduardo, Beto, Costa, Rolando, Lopes, Custodio, Quaresma, Micael, Viana, Almeida, Oliveira, Varela.

sumber: bola.net


2 comments

Friday, June 22, 2012 at 10:06:00 AM GMT+7

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.

ditunggu kunjungan baliknya ya :D


#Semoga sehat selalu :D

Friday, June 22, 2012 at 1:04:00 PM GMT+7

@Darmawan Saputra makasih atas pujiannya gan,, jadi GR nih,, hehehe,, makasih atas kunjungan dan komentarnya, segera meluncur ke blog sobat,,

Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom