Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

#1Hari1Ayat: Q.S. Al-Ikhlas



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ O اللَّهُ الصَّمَدُ O لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ O وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ O
Qul huwa Allahu ahad(un). Allahu shshomad(u). Lam yalid walam yuulad(u). Walam yakul lahu kufuwan ahad(un).

Artinya:
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan, yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". (Q.S. Al-Ikhlas)

***

Surat Al-Ikhlas merupakan surat ke 112 dalam urutan Al-Quran. Surat ini mengandung pernyataan bahwa Allah itu Esa (satu), apapun berada di tangan-Nya, tak beranak, tak pula diperanakkan, dan tak ada yang setara dengan Allah.

Surat Al-Ikhlas mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya adalah jika kita membaca Surat Al-Ikhlas 3 kali, itu sama dengan menghatamkan Al-Quran.

Rasulullah SAW pernah bertanya sebuah teka-teki kepada umatnya Siapakah antara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Qur an dalam jangka masa singkat (dua-tiga menit)?

Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab. Malah Sayyidina 'Umar bin Khattab r.a. (Radliyallahu 'anhu) telah mengatakan bahwa mustahil untuk mengkhatamkan Al-Qur an begitu cepat. Kemudian Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib mengangkat tangannya, menyatakan kesanggupan. Sayyidina 'Umar berkata kepada Sayyidina 'Ali bahwa Sayyidina 'Ali (yang masih muda pada waktu itu) mungkin tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

Kemudian Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali. Rosululloh SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib benar. Kemudian menerangkan bahwa membaca Surat Al-Ikhlas sekali ganjarannya sama dengan membaca 10 juz kitab Al-Quran atau sepertiga Al-Qur an. Jika membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali Khatamlah Al-Quran karena dengan membaca sebanyak tiga kali sama seperti dengan membaca 30 juz Al-Quran.
 Selain itu, membaca Surat Al-Ikhlas akan memperoleh pahala seperti membaca kitab Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Quran.

Maha Suci Allah Dengan Segala Firman-Nya.

Pati, 5 Januari 2014


Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom