Artikel Info, Saatnya Jari Berbicara

#1Hari1Ayat: Q.S. Al-Maa'uun ayat 4-5



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ O الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ O


Fawaylul lilmusalliin(a). Alladzina hum Aaan salatihim sahun(a).

Artinya:
Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. (Q.S. Al-Maa'uun ayat 4-5)

***

Lho kok 2 Ayat? Katanya #1Hari1Ayat? Kedua ayat ini sangat berbahaya jika dipisahkan. Apalagi jika ayat 4-nya saja yang dibaca. Maka amat riskan. Pemahaman lain seseorang apabila hanya mendengar ayat "Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat" tanpa disusul ayat "(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya". Karena boleh jadi mereka akan tak sholat selamanya jika mendengarkan hanya ayat 4 saja tanpa ayat 5.

Sebenarnya, kedua ayat tersebut adalah peringatan untuk kita. Maksud kedua ayat tersebut adalah; Sungguh celaka orang yang melalaikan sholatnya. Sudah tahu sholat itu salah satu perintah Allah yang wajib dilaksanakan, tapi dia malah meninggalkannya begitu saja atau pura-pura sholat (demi pujian dari seseorang. Maka dialah yang akan celaka dan merugi.

Selain itu dua ayat ini mengajarkan kepada kita agar tidak menyimpulkan sesuatu (berita) apabila kita mendengarnya hanya sepotong. Mau sedikit cerita nih (semoga nggak kepanjangan dan nggak terjadi pada kita ^_^) :

Joko dan Ucup adalah sahabat lama yang tak berjumpa 10 tahun. Mereka akhirnya bertemu, menceritakan masa kecil hingga saat mereka pisah.

Joko menceritakan masa sekolahnya, "Cup, guru agama gue SMP dulu nggak pakai jilbab, lho."

Ucup kaget setengah mati, "Gila aja tuh guru! Dia kan guru agama. Parah tuh. Harusnya dia memberi contoh ke muridnya, khususnya berjilbab. Mau jadi apa murid-muridnya kalau guru agamanya saja nggak pakai jilbab. Bener tuh, emang guru nggak bener. Jilbab kan perintah Allah, dan dia sebagai guru agama harus memberi tauladan dengan menjalankan perintah Allah. Mending kau cari guru lain atau minta ganti guru. ... Emang siapa sih guru agama kau?

Joko menyeringai lebar sembari menjawab, "Pak Susanto."

Pati,3 Januari 2014
http://1.bp.blogspot.com/-zEmAlNYDWj4/Ur2JqnYAO8I/AAAAAAAAA40/4NWFm7OBoLY/s1600/1H1A.jpg



Post a Comment

Terima Kasih Telah Menyempatkan Waktu Untuk Berkomentar Di Blog Ini

ttd,
Admin "Arfo Sajira"

Ahsanul Marom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Setia

Return to top of page Copyright © Arfo Sajira | Blogger Themes by Platinum Theme and Hack Tutors Edited by Ahsanul Marom