Entah anda perhatikan atau tidak, hampir di
sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak di
bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Batu kerikil ini
memang sengaja disebar di sekitar rel kereta api tersebut. Dan ternyata
batu kerikil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang
keberadaan rel kereta api yang berdiri di atasnya.
Fungsi Batu Kerikil pada Rel Kereta Api
1. Fungsi batu kerikil pada rel kereta api yang
pertama adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu
kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api
yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.
2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap
getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat.
Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat
dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan
untuk waktu yang lama.
3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan
memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk
mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar
rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan
kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan
yang lainnya.
4. Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi
untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya
rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak
langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya
dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan
dapat membahayakan perjalanan kereta api.
Mengapa di Beberapa Tempat Tidak Terdapat Kerikil
Seperti yang kita lihat pada
beberapa tempat, ada posisi-posisi tertentu dimana di bawah rel kereta
api tidak terdapat batu kerikil. Seperti rel kereta api yang terdapat di
atas jembatan atau jalan raya, dimana tidak terdapat satu butir pun
batu kerikil yang sangat berperan penting bagi keberadaan rel kereta
api. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah
diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.
Sekian yang dapat saya sampaikan>>>> Mari Tukar Link
Pada jembatan kereta api, jembatan sudah
dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan
terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel
kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan
peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut,
tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta
api.
Sekian yang dapat saya sampaikan>>>> Mari Tukar Link
0 komentar:
Posting Komentar
Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))