#1Hari1Ayat: Q.S.Al-Hujurat ayat 13 (Indahnya Bersaudara)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Ya ayyuhannasu innaa khalaqnaakum min dzakarin wauntsa waja'alnakum shu'uuban waqabaaila lita'arafuu innaa akramakum 'indallahi atqakum innallaha 'aliimun khabiir(un)

Artinya:
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

***

Persaudaraan memang sangat indah. Ada orang yang tak dikenal bebarengan di kendaraan umum, tiba-tiba saling tegur sapa, lantas akrab, dan bersaudara. Hal itu memang sangat sering terjadi saat ini. Termasuk pada penulis sendiri, yang entah kebetulan atau apa tiba-tiba akrab dengan penumpang lain yang masih satu kendaraan. Jika kita tahu, menfaat hal itu sungguhlah besar. Entah di saat kita sedang terkena musibah di suatu tempat, saudara kita pasti akan menolong.

Maka hindarilah permusuhan antarbangsa atau antarsuku. Hal itu tak ada gunanya. Malah hanya dendam yang kita dapat.

Selain itu, ayat tersebut juga menjelaskan larangan NO SARA secara tersirat. Kita tidak boleh menghina ras, agama, suku, antargolongan lain. Jaga bibir kita dari ucapan menghina orang lain. Karena mau seperti apa kita, kita sama-sama ciptaan Allah yang paling sempurna.

Maha Suci Allah Dengan Segala Firman-Nya.


Pati, 20 Januari 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))