#1Hari1Ayat: Q.S. Al-Baqarah ayat 216 (Allah Maha Mengetahui yang Terbaik)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
Fighting has been enjoined upon you while it is hateful to you. But perhaps you hate a thing and it is good for you; and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not.
 ***

Allah memberi kebutuhan bukan keinginan
Sumber: pinterest.co.uk

Ayat itu yang selalu terngiang dalam hidup gue ketika gue lagi terpuruk. Ya, ayat itu pula yang selalu jadi penyemangat gue saat gue merasa gagal. Seakan-akan pas gue lagi baca ayatnya maupun artinya, jadi motivasi sendiri buat gue bangkit lagi. Terutama yang gue kasih bold.

Kalian pernah nggak sih, udah belajar yang rajin, eh hasilnya nggak memuaskan atau malah bisa dibilang gagal? Atau mungkin kalian pengen banget kuliah atau kerja di suatu tempat, udah belajar buat tesnya, udah berjuang dan berdoa semaksimal mungkin, hasilnya nama kalian nggak ada di pengumuman alias kalian nggak lolos?

Gue pernah di posisi kayak gitu. Dulu gue pengen banget masuk X, dua kali percobaan gue selalu gagal. Ketika percobaan pertama, gue emang terlalu santai karena emang gue udah optimis banget buat lolos. Satu bulan udah gue jalanin dengan latihan soal. Alhamdulillah gue lolos tes tahap satu. Tes tahap dua, karena gue terlalu sibuk sama kegiatan lain dan juga terlalu santai, gue gagal. Oke, gue terima karena emang gue tahu kelemahan gue.

Satu tahun berlalu, sejak saat itu, gue belajar yang giat lagi. Gue terus latihan soal buat naklukin tahap satu, sekaligus latihan buat naklukin tahap dua. Satu tahun gue mulai berlatih. Nggak ada yang namanya weekend bagi gue kala itu. Gue bener-bener memforsir diri gue buat lolos. Secara percobaan kedua ini percobaan terakhir. Alhamdulillah gue lolos tahap satu. Sejak lolos tahap satu itu gue terus-terusan buat latihan tes tahap 2. Ya pokoknya gue harus lolos. Tapi memang Allah punya rencana lain. Lagi-lagi gue gagal. Padahal gue rasa gue udah lebih baik dari setahun yang lalu. Tapi ya mau gimana lagi.

Gue bener-bener down. Seketika jadi gelap. Gue nggak pernah ngerasain down-sedown ini. Asli gue udah nggak kuat lagi ketika itu. Akhirnya gue mutusin buat ambil wudhu dan sholat, karena disaat-saat seperti ini gangguan dari alam lain sering datang. Setelah sholat, entah kenapa pas gue buka Al-Quran kok pas ayai ini yang muncul. Seketika saat itu gue sadar kalau emang itu yang terbaik bagi gue. Udah seperti itu jalannya. Gue mencoba melupakan harapan gue buat masuk X. Iyalah kesempatan gue udah abis. Tapi sekarang gue inget lagi gara-gara nulis ini :"). Sekarang gue jadi lebih mudah bertemu sama orang tua. Lebih mudah buat survive. Ya selalu ada jalan aja gitu.

Kalian pernah nggak kayak itu nggak?

Aku udah belajar, tapi kok ujianku hasilnya masih jelek ya?!
Disyukurin aja, kali aja kalau hasilnya lebih bagus, itu bisa bikin jadi sombong. Bisa bikin jadi jumawa. Atau malah bikin nyepelein ujian berikutnya yang bisa-bisa ngebuat hasilnya lebih buruk dari ini.

Haduh, kenapa pas mandi airnya mampet, jadi telat kan!
Disyukurin aja, kali aja kalau nggak telat malah bakal terjadi kenapa-kenapa di jalan. Bisa jadi di jalan ada kecelakaan atau apa. Naudzubillah.

Ini motor kenapa lagi deh?! Padahal udah di-service malah nggak jalan!
Bersyukur aja gaes. Ya daripada motornya mati di tengah jalan, eh malah repot kan. Malah bisa-bisa nyelakain diri sendiri dan orang pengguna jalan lainnya.

Hiks sakit!!! Gue ditinggalin pas lagi-lagi sayang-sayangnya :'(
Asli kalau ini emang berat. Tapi, lagi-lagi disyukurin aja. Ya kali aja kalau nggak ditinggalin bisa-bisa terjerumus ke hal yang nggak diinginkan yang bakal ngehancurin masa depan.

Ya, apapun dan bagaimana pun endingnya tetap SELALU BERSYUKUR aja. Ingat, Allah itu selalu ngasih yang terbaik. Dia nggak ngasih yang lo pengen tapi ngasih yang lo butuhin. Allah nggak bakal ngasih yang buruk buat kita. Selalu ada hikmah dalam setiap apa yang terjadi. Kalau kata Sujiwo Tejo a.k.a Presiden Jancukers, "Tuhan itu Maha Asyik. Tuhan juga Maha Romantis"

Sudahkah kita bersyukur hari ini?
Alhamdulillah.

3 komentar:

  1. artikel positif yang sangat bermanfaat. Setelah membaca artikel ini saya harus mengurangi mengeluh dan banyak bersyukur atas semua kebaikan yang telah Allah SWT berikan.

    BalasHapus
  2. S'moga menjadi hambaNya yg selalu bersyukur gan.. lanjutkan sebarkan kebaikannya bro..sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Nggak usah sungkan buat nanya atau nulis disini, selaw aja.
Jangan lupa klik iklannya juga ya, buat support kami :)))